Sabtu, 01 Januari 2011

aku (mau) belajar

aku belajar diam dari banyaknya berbicara
tak hanya diam, tapi mendengar dan memperhatikan
memberi hati pada orang yang sedang berbicara padaku
tak sepenuhnya diam, tapi bicara seperlunya..

aku belajar bersabar saat emosi menguasai aku
sekuat tenaga mencoba menahannya keluar dari pikiranku
tak membiarkan merusak suasana hatiku dalam sekejap
bersabar bukan suatu hal yang bisa diucap dengan kata 'cuma'
bersabar dalam kesukaran adalah hal yang begitu sulit, namun Tuhan
tidak akan membiarkan aku begitu saja
penderitaan yang aku jalani dengan kesabaran, akan membawaku pada kesukaan kelak

aku belajar mengalah atas nama kebersamaan
karena setiap orang mempunyai kehendaknya masing-masing
rasa ingin dipuaskan dan rasa ingin selalu bahagia
dari situ aku mengerti, kadang ada beberapa hal
yang tidak bisa kita dapatkan dari orang lain karena keterbatasanya

aku belajar dari menangis
betapa berharganya saat-saat bisa merasakan kebahagiaan
melalui setiap detik dengan senyum dan tawa
namun hidup bukan sesuatu yang mudah
selalu saja ada bagian yang sulit untuk dijalani
tapi tetap harus dijalani
dari menangis aku tahu, bukan betapa pentingnya rasa bahagia itu aku jaga terus
melainkan pentingnya menghargai waktu

aku belajar bersyukur, saat semua yang aku miliki terasa kurang
meski semuanya telah tersedia
tentang apa yang aku inginkan, tak selamanya adalah hal yang sungguh aku perlukan
meski semuanya telah cukup
aku biarkan rasa ketidakpuasan ku menguasai aku
lalu merengek seperti anak kecil, meminta tanpa berusaha meraihnya

aku belajar memberi sekalipun tak mempunyai arti apa-apa
saat aku tak mempunyai apapun, aku memberi diri
berharap kehadiran diri ku dapat berguna bagi orang-orang disekitar ku
aku belajar memberi, meski sedikit dengan hati dipenuhi rasa syukur
aku belajar dari cerita tentang seorang janda miskin
yang memberi dari kekurangannya

aku belajar taat, meskipun hasrat selalu lebih besar
dan begitu mendominasi alam pikiranku
aku begitu cepat menghilangkan taat ku saat kakiku mulai terasa goyah
terhadap pencobaan
aku begitu cepat mencari penghiburanku, dan melupakan keheningan

aku belajar setia, sekalipun diluar diriku
begitu banyak hal yang lebih indah dari apa yang aku miliki sekarang
begitu banyak rasa kurang bersyukur dan menjaga apa yang sekarang aku milikki

aku belajar memahami, saat terjadi pertentangan
saat hati tak bisa sejalan
memahami bahwa tak melulu keadaan bisa sesuai dengan apa yang aku inginkan

aku belajar tenang, saat galau menyiksa hatiku
rasanya hanya ingin menangis
sampai terasa lega disini
rasanya hanya ingin mengutuk keadaan, saat hatiku merasa tidak tentu arahnya
mencari jawaban dari soal yang aku sendiri tak tahu darimana datangnya

aku belajar percaya sekalipun tidak melulu orang bisa menjaganya
kasih yang Tuhan punya menjadi inspirasiku

aku belajar rendah hati
lebih baiklah aku tidak begitu pintar dan sedikit berpengalaman
daripada dengan semua kepintaran dan begitu banyaknya pengalaman yang aku milikki
membuat aku menjadi tinggi hati
menutup kuping dari semua kata-kata orang yang membangun aku

aku belajar untuk selalu penuh kasih
sekalipun tak melulu aku mendapat perlakuan yang baik dari semua orang
bersama Tuhan adalah tujuan akhir hidupku kelak
dan mengasihi adalah jalan yang paling mudah untuk mendekatkan aku padaNya
aku tak bisa mengasihi seperti Tuhan mengasihi aku dan kamu
tapi aku selalu ingin menjadi penyalur kasihNya kepada mu semampuku

aku belajar dari semua kejadian yang aku lalui sepanjang tahun yang lalu
aku berharap semakin baik di tahun yang baru
bukan hanya berharap dengan duduk termangu
tanpa melakukan sesuatu yang membuat keadaan jadi lebih baik
aku mengusahakan yang baik untuk diriku,
dan tak kulakukan dengan kekuatan ku sendiri
aku mengandalkan Tuhan dalam setiap langkahku
bukan karena aku malas, tapi karena memang dari Tuhanlah semua kekuatan ku berasal.
dari cinta kasihNya lah aku diajak untuk terus belajar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar